PEMETAAN PERADABAN ISLAM KAWASAN
Diajukan untuk
Memenuhi Mata Sejarah Peradaban Islam
Dosen Pengampu:
Hj.Bashiratul Hidayah M.Pd. I
Oleh:
Achirin Nisa Mufarisa
Atik Millatina
Rohmatul ummah
SEKOLAH TINGGI ISLAM BANI FATTAH
(STIBAFA)
PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)
TAHUN AJARAN 2012/2013
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peradaban merupakan inti
dari maju mundurnya suatu negara ataupun agama. Mesir kuno, Yunani kuno, Romawi
kuno dan Cina kuno, disebut sebagai negara yang maju disebabkan mereka
mempunyai perdaban yang maju. Malah, ketika negara mereka hancur, peradaban
mereka terus bertahan dan bisa mempengaruhi perdaban-perdaban yang lain. Islam
sebagai agama yang lahir melalui kerasulan Nabi Muhammad SAW, membawa perdaban
baru bagi dunia ini, sehingga Islam dalam waktu 23 tahun dapat mempengaruhi
peradaban paganisme jahiliyah bangsa Arab, yang mengalahkan peradaban bangsa
barat. Dahulu bangsa barat mempelajari ilmu di orang muslim, akan tetapi
sekarang orang muslim belajar kepada
orang barat. Maka dari sini penulis akan membahas pemetaan peradaban Islam
kawasan.
B. Rumusan Masalah
1.Bagaimana kondisi
peradaban islam di kawasan Mesir ?
2. Bagaimana peradaban
islam di kawasan Eropa?
3. Bagaimana peradaban
islam dikawasan Asia?
C. Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui
kondisi islam yang berada di Mesir.
2. Untuk mengetahui
peradaban islam di kawasan Eropa.
3. Untuk mengetahui
peradaban islam di kawasan Asia.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Peradaban Islam di Kawasan Mesir
Islam masuk wilayah
Afrika adalah pada saat daerah itu berada di bawah kekusaan kekaisaran Romawi.
Penaklukan daerah ini pada dasarnya sudah mulai dirintis pada masa kekhalifahan
Umar ibn al-Khattab. Pada tahun 640 M Amr bin Ash berhasil memasuki Mesir,
setelah sebelumnya mendapat izin dari Khalifah Umar untuk menaklukkan daerah
itu. Pada masa kekhalifahan Usman ibn Affan, penaklukan islam sudah
meluas sampai ke Barqah dan Tripoli. Penaklukan atas kedua kota itu dimaksudkan
untuk menjaga keamanan daerah Mesir.[1]
Pada saat itu kota kairo dibangun oleh dinasti Fathimiyyah yang beraliran
syiah. Wilayah kekuasaan dinasti fathimiyyah meliputu afrika utara, sicilia dan
syiria, berdirinya kota kairo sebagai ibu kota kerajaan, kota ini membuat
Baghdad mendapat saingan. Dan setelah pembangunan kota kairo selesai dan
lengkap dengn istananya, al -sicili mendirikan masjid al azhar, 17 Ramdhan 135
H, Kemudian Masjid ini berkembang menjadi Universitas terbesar hingga sekarang.
Kota yang Terletak di
sungai Nil ini mengalami tiga kali kejayaan yaitu pada Dinasti Fathimiyyah,
dimasa ashalah-al din al ayyubi dan dibawah baybars dan al nashir pada dinasti
imam mamalik. Periode al fathimiyyah dimulai pada al Muiz dan puncaknya terjadi
pada anaknya al aziz dan dapat disetarakan dengan Harun ar rasyid dan al makmun
di Baghdad. Al muiz menjalakan tiga kebijaksanaan besar, yaitu pembaharuan
dalam bidang administrasi. Pembangunan ekonomi dan toleransi agama.dalam bidang
ekonomi ia memberikan gaji khusus pada tentara, personalia istana dan pejabat
istana lainya. Dalam bidang agama dimesir diadakan 4 lembaga peradilan, dua
untuk madzhab syiah dan dua untuk madzhab sunyi. Al aziz kemudian mengadakan
pembaharuan yaitu dengan mendirikan masjid, istana, jembatan. Pada masa
pemerintahan al hakim didirikan bait al Hikmah, terinspirasi dari lembaga yang
sama yang didirikan oleh al makmun di Baghdad . di lembaga ini banyak sekali
koleksi buku-buku yang mengkaji astronomi, kedokteran, dan ajaran-ajaran islam
terutama syia’ah.
Pada masa selanjutnya
dinasti Fathimiyyah mulai mendapat gangguan-gangguan politik. Akan tetapi Kiaro
tetap menjadi kota terbesar dan penting. Ketika jayanya kairo terdapat 20.000
toko milik kholifah. Dinasti fathimiyyah lalu ditumbangkan oleh dinasti
ayubiyyah dan didirikan oleh as salah ad din, sebagai pahlawan Islam dalam
perang Salib. Kemudian ia tetap memperthankan pengetahuan-pengetahuan ilmiyah
yang didirikan oleh dinasti fathimiyyah danb mengubah orentasi keagamaanya dari
syiah kle suni. Kekuasaan dinasti ayubiyyah dimesir diambil oleh dinati
mamalik. Dinasti ini mampu mempertahankan pusat kekuasaanya dari bangsa mongol
dan mengalahkan tentara mongol itu dibawah pimpinan baybars.meskipun bukan
sulthan pertama, baybars dapat dikatakan sebagai pendiri dinasti ini.pada masa
itu Kairo menjadi satu-satunya yang selamat dari serangan mongol.oleh karenya
kairo menjadi pusat peradaban dan kebudayaan islam terpenting. Baybars
merenofasi bangunan-bangunan kota terutama al azhar. Pada tahun 1261 M mengundang
keturunan abbasyiah untuk melanjutkanya di kairo. Banyak bangunan didirikan
dengan arsitektur yang indah pada kekuasaan mamalik berikutnya. Kejayaan
dinasti mamalik memang berlangsung agak lama akan tetapi dinasti ini dikalahkan
oleh kerajaan usmnani yang berpusat diturki. Dan sejak itu kairo hanya menjadi
ibu kota provinsi dari kerajaan utsmani.
·
Perkembangan
pengetahuan,seni, dan arsitektur di Mesir.
Ibnu Kilis
adalah seorang tokoh pelopor perkembangan pendidikan pada kekhalifahan di
Mesir. Ia mendirikan sebuah Universitas dan menghabiskan dinar pebulan untuk
membiayainya. Meskipun beberapa khalifah pertama dinasti Fathimiyyah dikenal
sebagai Khalifah berbudaya, periode merreka bisa dibilang tidak melahirkan
ilmuan dan penulis yang kondang sains dan sastra. Tetapi dialah yang
mengembangkan masjid agung al Azhar menjadi universitas. Karekter dinasti ini,
enggan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan sastra ortodoks , ditambah
dengan keadaan genting yang melanda masyarakat pada akhir kekhalifahan ini
menjadi sebab mundurnya aktifitas intelektual pada Fathimiyyah.
Salah satu pondasi terpenting yang
dibangun pada masa Fathimiyyah dalam dibangunanya al
hikmah atau darul Ilmu yang didirikan oleh al hakim pada 105 sebagai pusat
pembelajaran penyebaran ajaran syiah ekstrim. Gedung ini dibangun berdeketan
dengan istana kerajaan yang di dalamnya terdapat sebuah perpustakaan dan
ruang-ruang pertemuan. Kurikulumnya meliputi kajian ilmu-ilmu keislaman,
astronomi dan kedokteran. Akan tetapi pada tahun 1119 ditutup oleh al malik al
afdhol karena dianggap menyebarkan agama syiah, akan tetapi ajaran ini masih
bisa bertahan sampai kedatangan bani ayyubiah. Secara pribadi, Al hakim
tertarik pada perhitungan astrologi karena itu dia membangun sebuah obserfatium
yang sering ia kunjungi.
Karya terpenting lainya yang dibuat di Mesir
dalam kekuasaan Al hakim adalah al muntakhoq fi I’laj al a’yan yang ditulis oleh Amar ibnu ali al mausili.
Pada masa al mustansir, telah dibangun perpustakaan yang memiliki 200.000 buku
dan 2400 eksemplar al Qur’an yang dihiasi ornament-ornamen indah. Dan
diperpustakaan itu pul menyimpan salinan tulisan tangan untuk buku sejarah
karya at thabari. Ketika 1 abad kemudian shalah ad din menguasai kerajaan,
perpustakaan-perpustaakn Islam masih menyimpan sekitar 1 juta jilid buku.
Periode dinasti Fathimiyyah ditandai dengan munculnya karya penting dalam
bidang seni dan arsitektur.
B. Peradaban Islam di Eropa.
Ekspedisi ke
spanyol memiliki kedudukan yang unik dalam sejarah militer abad pertengahan.
Pengintaian pertama dilakukan pada bulan juli 710. Ketika itu musa bin nusair
(gubnur afrika utara) mengutus seorang budak yaitu thariq bin ziyad untuk
menguasai kerajaan di spanyol.[2]
Thariq mendarat dekat dengan batu besar yang kelak mengabdikan namanya menjadi
gilbaltar. Pada saat itu kondisi di spanyol masih kacau, dan menjadi peluang
yang baik bagi bangsa arab untuk menguasai atau menaklukan andalus atau
spanyol. Pada tahun 710M Witiza raja gotsia barat wafat dan singgasananya di
duduki secara paksa oleh panglimanya yang bernama Roderik. Maka anak Witiza
dendam terhadap roderik. Untuk merebut kembali kedudukan ayahnya iya bersekutu
dengan Graf Julian (raja cuita) yang juga musuh roderik, akhirnya mereka meminta
bantuan kepada Musa bin nusair, tentu musa minta izin terhadap Walid bin abdul
malik atas hal tersebut. Akhirnya kholifa mengizinkan dan berpesan agar
berhati-hati terhadap Graf Julian. Untuk membuktikan kebenaran Graf Julian maka
musa memerintahkan perwira thorif bin malik dengan membawa 500 orang tentara
yang akhirnya mampu menguasai beberapa pelabuhan di spanyol selatan dan thorif
mendapat bantuan besar dari graf hingga mendapatkan harta rampasan yang banyak.
Setahun kemudian musa mengirimkan 7000 orang tentara yang di pinpin oleh thariq
bin ziyad dan mendarat di bukit karang giblatar. Sampai disana ia menduduki
propensi gosia barat dan menguasai benteng kuat terus menuju Toledo ibu kota
kerajaan gosia, ketika mendebgar tentara tharik masuk andalus roderik langsung
mengirimkan 100.000 tentaranya, melihat musuh tidak seimbang segeralah tharik
meminta bantuan kepada musa dikirimlah sebanyak 5000 orang tentara terjadilah
perang xeres. Dalam perang tersebut thiriq berhasil menang, rhoderik sendiri
tewas. Kemenangan tentara islam yang dipimpin thariq dan musa mnbawa citra yang
besar bagi umat islam, jatuhnya spanyol membuka jalan baru bagi umat islam untuk menyebarkan islam
ke seluruh eropa sayang konflik intern menjadi masalah dan penyebab utama
hancurnya penguasa islam di spanyol yang mengakibatkan mereka terusir di Negara
itu pada tahun 1492M.
Dampak dari kemenangan tersebut beberapa daerah
berangsur-asur dapat ditundukan salah satunya:
1.kordova
Kota ini terletak
di selatan lereng gunung sierra. Sebelum spanyol ditaklukan oleh tentara Islam
tahun 711 M. kordova adalah ibu kota kerajaan Kristen Visighoth, sebelum
dipindahkan ke Toledo. Penaklukan spanyol oleh pasukan islam terjadi pada masa
khalifah al walid bin abdul Malik, dibawah pimpinan tharik bin ziyad dan Musa
bin Nushair. Dibawah pemerintahan kerajaan Visighoth, kordova sebelumnya makmur
menjadi mundur, kemakmuranya bangkit kembali dimasa kekuasaan Islam. Pada tahun
756 M kota ini membnajdi pusat pemerintahan bani umayyah di spanyol. Kemudian
pemerintahan bani umayyah di Damaskus jatuh pada bani abbas. Lalu penguasa bani
umayyah pertama kali di spanyol
abdurrahman ad dakhil.
Sebagai ibu kota
pemerintah, kordova dimasa bani iumayyah mengalami perubahan yang sangat pesat.
Banyak bangunan yang baru didirikan seperti istana dan masjid-masjid.
Peekembangan kota ini mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Abdurrahman an
nashil pada pertengahan abad 10 M. pada tahun 1236 kordova direbut oleh tentara
Kristen dibawah pimpinan ferdinan III dari castillah. Setelah itu kejayaan
islam dispanyol mengalami zaman kemunduran .
Pada masa
pemerintahan bani umayyah dispanyol kordova menajdi pusat pengetahuan. Dikota
ini diidirikan universitas kordova, banyak ilmuan dari dunia islam bagian
timyur yang tertarik mengajar di universitas ini. Disamping itu kota ibni
mempunyai perpustakaan besar yang mempunyai koleksi buku kira-kira 400.000
judul. Kemajuan ilmu pengetahuan tidak terlepas dari jasa dua orang khalifah
yaitu abdurrahman an nashil dan al Hakam. Pada masanyalah tercapai apa yang
dinamakan masa keemasan ilmu pengetahuan sastra di spanyol Islam, dan dikordova
terdapat 491 Masjid dan 900 pemandaian umum.
2. Granada
Kota Granada
semula adalah tempat tinggal orang liberal kemudian menjadi kota orang Romawi dan
baru terkenal setelah berada ditangan orang Islam. Kota ini ditaklukan oleh
tentara bani umayyah dibawah pimpinan thariq bin ziyad dan musa ibnu nushair
pada tahun 71 M. pada mas pemerintahan bani umayyah dlam bidang politik akanispanyol
kota ini disebut andalusia atas. Pada masa pemerintahan Andalusia, Granada
mengalami perkembangan pesat. Setelah itu granadajatuh dibawah pemerintahan al
murabbithun, sebua dinasti bar-bar dari Afrika utara pada tahun 1090M, al
murabbithun berkuasa sampai 1149 M. dan banyak Istana yang dibangun.pada ke 12
granada menjadi kota terbesar ke lima di Spanyol. pendud ukjnya terdiri dari
bangsa arab bar-bar spanyol yang mengantu tiga agama islam, Kristen, yahudi.
Pada abad ke 13 granada diperintah oleh dinasti nasrid yang membangun istana
indah nan megah yang terkenal dengan istana al hambro. Pada masa pemerintahan
Muhammads V Granada mencapai puncak kejayaanya baik dalam arsitektur maupun
politik. Akan tetapi pada akhir abad 15 pemerintahan menjadi lemah terutama
karena perpecahan keluarga. Pada tahun 1492, kota ini jatuh ditangan kekuasaan
Kristen, raja ferdinan dan isabela yang menuntut balas dendsam aytas
kekalahanya. Selanjutnya tahun 1610 M para orang Islam diusir dari koat ini
oleh penguasa Kristen.
Ketika orang islam
menguasai spanyol banyak perkembangan yang mereka miliki salah satunya di
bidang aristektur.[3]
Mereka membangun sebuah masjid kordova yang megah dahulu masjid ini adalah sebuah
biara romawi yang kemudian di rubah menjadi masjid , bagian utama masjid itu di
lengkapi dengan menara bunder,barisan tiang- tiang masjid membentuk belantara
yang agung, lampu-lampunya terbuat dari kuningan menyerupai lonceng.
Model-model dekorasi spanyol muslim mencapai puncak kebesarannya pada bangunan
istana al-hambra yang menjadi istana termuka di Granada ini dengan hiasan yang
kaya mosaic, stalatik dan kaligrafi, dirancang dan dibangun dengan rancangan
yang luas dan megah. Sebagian dekorasi interior ini dipenuhi dengan kaligrafi
di atas dinding. Semua arsitektur dan bentuk model-modelnya memadukan dengan
tradisi Kristen dan tradisi muslim.
Pendidikan di Eropa
mengalami kebangkitan atau mengalami masa ke emasan. Salah satunya didirikanya
perpustakaan-perpustakaan Islam (Baitul Hikam) sebagai pusat-pusat pendidikan
dan penelitian dalam budaya muslim. Sayangnya banyak dari
perpustakaan-perpustakaan itu telah dimusnahkan dalam kawasan Islam kawasan
timur. Dalam invasi Mongol dalam abad 13. Banyak perpustakaan-perpustakaan
barat berada jauh diluar jangkauan para penyerbu mongol, yang pertama terhindar
dari pemusnahan. Banyak perpustakaan-perpustakaan pribadi mempunyai beberapa
saringan dari buku-buku besar atau penting dan diupayakan terus untuk
menjauhkan dari tangan-tangan penyerbu. Bagaimanapun sangat penting,
karya-karya terbaik itu telah diselamatkan oleh para mahasiswa dari Eropa
barat. Berapa luas dan banyak macam-macam terjemahan itu mungkin bisa
disimpulkan dari karya-karya mereka.
Banyak dari karya-karya tersebut juga diterjemahkan dari bahasa latin, karya
sastra Persia dan bahasa Eropa.
Hasil dari
penerjemahan karya-karya muslim atas kurikulum Eropa Barat telah diperluaskan
dan digunakan pada sekolah-sekolah seperti bidang Matematika, Kedokteran.
Astronomi, Fisika, Kimia, Geografi, sejarah, music dan Filsafat. Kekuasaan
intelektual muslim Spanyol dimulai abad 10 tetapi konstribusinya yang paling
signifikan dilakukan selama periode terakhir abad 11 sampai pertengahan abad
13. Kita menemukan orang-orang yang menonjol seperti al idrisi dan al bakri
ahli Geografi. Ibnu zuhur ahli fisika, ibnu Arobi ahli mistik musaffir ibnu
jubair dan filosof Ibnu Rusy. Menyerap konstribusi-konstribusi intelektual dari
orang-orang tersebut bersama sama dengan Islam timur. Ketika Tholedo,Cordova
jatuh kepada oranng-orang Kristen ilmu pengetahuan di Eropa mengalami penyusutan-penyusutan
dan perubahan.
Al jabbar. Ilmu
pengetahuan Al jabar telah disebarkan di Barat melalui terjemahan-terjemahan
latin oleh Al delar. Plato dari Tivoli juga menerjemahkan spherics karya
tordosius dari bahasa arab ke bahasa latin. Lebih lanjutnya diperkenalkan melalui tulisan-tulisan fibonasi dan risalah
dalam bahasa Hebbrew dari abrahambar hia, diterjemahkan dari bahsa latin oleh
Plato dari tahun 145.
Astronomi ilmu
pengetahuan yang diterjemahkan dari bahasa arab kebahasa latin dari abad 12
termasuk risalah mdari maslamah ibnu Ahmad al majriti. Kitab al manazir dari
ibnu Haitam menguraikan sebagian dari optik telah diterjem,ahkan dari bahasa
latin oleh Gerad dari seremona dan menjadi basis dari ahli-ahli optik muslim
amupun latin. Sebuah ulasan yang lebar tentang kitab al manazir yang ditulis
dari permulaan abad 14 oleh kamaluddin al farisi, seorang murid kutubuddin as
syairozi, penulis nihayah al idrak dimana dia memberikan uraian tentang pelangi.
Qonun karya ibnu
Sinba telah diterjemahkan dari bahasa latin oleh Gerard dari ceremona. Kemudian
karya al juza karya ibnu Sina dan ulasan Ibnu Rusy telah diterjemahkan kedalam
bahasa hibrew oleh Ayub dan Moses.
Satu diantara ahli
kimia terbesar Islam yang telah memberikan konstribusi secara luas kepada Ilmu
Kimia latin secara luas adlah ahli obat-obatan dan jabbir bin hayyan. Lebih
dari 100 karya dikaitkan kepadanya meskipun sebagian terbesar dari karangan tersebut
adalah milik penulis muslim yang banyak diantaranya diterjemshkan kebahasa
Latin dan banyak dicantumkan namanya.[4]
C .Islam
di Asia tenggara.
a .Thailand
Islam datang ke tailand
dengan perantaraan pedagang yang berasal dari Arab dan India. Para pedagang
yang berasal dari Arab dan India disebut khek Islam (pedagang islam) oleh
penduduk setempat.[5]
Pada Para pedagang tersebut meminta kepada raja siam untuk mendirikan masjid.
Permohonan mereka dikabulkan oleh raja maka didirikan masjid bangkok Noi
(bangkok kecil ). Islam disebarkan di Siam melalui hubungan dagang dan
perkawinan.
Asep Ahmad Hidayat yang
dikutip oleh Jaih mubarok menjelaskan bahwa sebelum tahun 1801, wilayah Thailand merupakan wilayah Kesulatan
Patani Darussalam (Patani Raya) yang meliputi Patani (Thailand Selatan),
Trengganu, dan Kelantan(Malaysia). Pada tahun 1901 wilayah tersebut dikuasai oleh
kerajaan Thailand. Berdasarkan perjanjian 1902, wilayah kesultanan Patani
Darussalam dipecah menjadi dua yaitu :
Patani dimasukkan kedalam wilayah koloni Inggris.
Peristiwa dimasukkanya
wilayah Patani secara resmi ke dalam negara Thailand dan dihapuskanya sistem
kesultanan mendapat reaksi keras dari rakyat Patani waktu itu.Mereka melakukan
perlawanan senjata terhadap kerajaan Thailand. Pada tahub 1903, Abdul Kadir
(Raja Patani) melakukan gerakan dengan strategi perlawanan umum untuk memancing
tindakan-tinadakan penindasan sehingga melahirkan pemberontakan umum terhadap
pemerintahan Thailand dan meminta campur tangan asing terutama dari Inggris di
Malaka. Namun usaha pemberontakan itu dapat ditumpas oleh kerajaan Thailand.
Pada masa pemerintahan
Pibul Songkran 1938-1948, muncul tuntunan otonomi bangsa Melayu Patani yang
dipimpin oleh Haji Sulong, Haji sulong meminta tujuh persoalan yang harus
dipenuhi oleh pemerintahan, yaitu : 1) otonomi penuh empat wilayah (Naratiwat,
Santun, Patani dan Jala) diwilayah bagian Thailand selatan, 2),pengajaran bahasa Melayu bagi anak-anak
diwilyah tersebut, 3),pendapat yang
diperoleh dari wilayah diperuntukkan bagi kesejahteraan rakyat wilayah
tersebut, 4) 80 % pegawai pemerintah harus orang islam, 5) tulisan Arab Melayu
menjadi bahasa resmi, 6) pembentukan mahkamah syarian serta mengadakan Mahkamah
yang khas untuk mengurus dakwan yang sesuai hukum Islam, 7)Majlis agama Islam
berhak mengeluarkan undang-undang administrasi agama Islam dengan disetujui
oleh ketua besar di empat wilayah. Karena tuntutan tersebut Melayu Patani
semakin ditekan oelh pemerintah Thailand dan
bahkan Haji Sulong bersama dua temanya dibunuh oleh polisi rahasia
Thailand pada hari Jum’at tanggal 15 Agustus 1954.
Secara umum Asep ahmad
Hidayat membagi gerakan muslim Thailand menjadi dua yaitu gerakan
non-kooperatif dan gerakan kooperatif. Sepeninggal Haji Sulong rakyat Patani
tidak lagi menuntut Otonomi tetapi gerakan penuh bagi rakyat Patani. Haji
Sulong berhasil menjadikan rakyat Patani
mempunyai rasa Nasionalisme .
Karena perpecahan antar
organisasi pembebasan, aktivitas perjuanagn kaum Patani agak berkurang. Bersamaan denagn itu semenjak tahun 1980-an
pihak pemerintahan Thailand mulai program pembangunan sosial ekonomi di empat
wilayah Thailand selatan dengan membatasi ruang gerak kaum pembebasan Patani
dan memperlemah kekuatan mereka. Untuk kepentingan tersebut pihak pemerintah
Thailand mengadakan rencana kerja sama di bidang ekonomi ekonomi di empat
wilayah Thailand selatan dengan rencana segitiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand.
Rencana pendidikan yang
diadakan oleh pemerintahan Thailand di empat wilayah Melayu dianggap berhasil.
Pada tahun 1990 jumlah sekolah umum di wilayah Patani, Naratiwat, Yala dan
Satun mencapai 1216 sekolah mengalahkan jumlah
sekolah swasta islam milik Melayu Patani yang hanya mencapai 189
sekolah. Kira-kira 202.972 pelajar islam yang sekolah di pemerintahan dan hanya
222.423 pelajar yang menuntut di sekolah agama.
b.Singapura
Sistem hukum Singapura adalah hamparn
pemadani yang kaya dengan undang-undang,
nilai-nilai, sejarah serta budaya. Sistem hukum tersebut sudah tentu akan
menyebabkan suatu tekanan, seperti tekanan yang dialami karena adanya perubahan
sosial ekonomi dan politik-hukum yang ditimbul seiring dengan meningkatnya
globalisasi dan regionalisasi. oleh karena itu Singapura harus bereaksi dengan
cepat dan tangkas dalam membuat undang-undang dan institusi-institusi baru atau
menyesuaikan undang-undang yang ada . dalam hal ini Singapura siap dan bersedia
belajar dari perkembangan-perkembangan hukum yang ada diluar negri. Jika
memiliki kesamaan aspirasi, kadang-kadang jika ada maslah kuno maka cara
penyelesainya adalah dengan diganti ide-ide baru yang telah teruji dengan
modifikasi-modifikasi yang tepat yang sesuai dengan keadaan setempat.
Dengan kemerdekaanya dan
dengan cara bertahap terjadilah pergerakan
menuju perkembangan suatu hukum lokal, dengan cara srtiap penyerapan
suatu praktik hukum atau norma harus sesuai dengan kondisi budaya,sosial dan ekonomi.
Dalam hal ini dapat dikatakan bawasanya kesuksesan ekonomi singapura didorong
antara lain faktor kebijaksanaan kepimpinan, penggunaan hukun dan sistem hukum
dalam membangun masyarakat baru dan memastikan kelangsungan hidup ekonominya .
C .Brunei
Perkembangan Islam di
Brunei tidak lepas dari Indonesia yang mayoritas bermadzhab Syafi’i. Dalam hal
ini terlihat dalam madzhab resmi negara tersebut yaitu madzhab Syafi’i. Bagi
muslim Brunei hukim Islam sangat berpengaruh terutama hukum keluarga yang
bersumber pada madzhab Syafi’i . selain itu secara fakta
sejarah negara Brunei adalah jajahan Inggris yang memberika pengaruh besar terhadap konstitusi hukum di
negara tersebut hal itu terbukti dari konstitusi negara yang dibuat pada tahun
1959 dipengaruhi oleh dengan sistem
common law,terutama sistem peradilan yang menganbil sistem inggris sejak tahun
155 pengaruh ini tidak hanya pada sistem konstitusi negara tetapi pada
undang-undang hukum islam sampai brunai merdeka secara penuh dari Inggris. Meskipun
demikian ketentuan hukum Islam yang mulai diundangkan pada tahun 1912 antara
Brunai dan Inggris dengan nama The Muhammedan Lawsenactment 1912, didasarkan
pada kedua tradisi negara tersebut dan hukum islam.perundangan ini meliputi
aspek hukum keluarga dan kriminal. Selanjutnya diikuti dengan The Muhammedan
Marriage and Divorce Enactmen 1913 yang mengatur pendaftaran perkawinan dan
perceraian melalui hakim pengadilan. Kedua undang-undang tersebut tidak berlaku
lagi diganti dengan The Brunai Religious Councils,Kathis Courts and State Cust
State Customs Eoms Enactmen dan beberapa perubahannya sampai sekarang.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
kota kairo
dibangun oleh dinasti Fathimiyyah yang beraliran syiah. Wilayah kekuasaan
dinasti fathimiyyah meliputu afrika utara, sicilia dan syiria, berdirinya kota
kairo sebagai ibu kota kerajaan, kota ini membuat Baghdad mendapat saingan. Dan
setelah pembangunan kota kairo selesai dan lengkap dengn istananya, al -sicili
mendirikan masjid al azhar, 17 Ramdhan 135 H, Kemudian Masjid ini berkembang
menjadi Universitas terbesar hingga sekarang.
Salah satu
pondasi terpenting yang dibangun pada masa Fathimiyyah dalam pembangunan dari
al hikmah atau darul Ilmu yang didirikan oleh al hakim pada 105 sebagai pusat
pembelajaran penyebaran ajaran syiah ekstrim. Gedung ini dibangun berdeketan
dengan istana kerajaan yang di dalamnya terdapat sebuah perpustakaan dan
ruang-ruang pertemuan. Kurikulumnya meliputi kajian ilmu-ilmu keislaman,
astronomi dan kedokteran.
Ekspedisi ke spanyol
memiliki kedudukan yang unik dalam sejarah militer abad pertengahan.
Pengintaian pertama dilakukan pada bulan juli 710. Ketika itu musa bin nusair
(gubnur afrika utara) mengutus seorang budak yaitu thariq bin ziyad untuk
menguasai kerajaan di spanyol. Thariq
mendarat dekat dengan batu besar yang kelak mengabdikan namanya menjadi
gilbaltar. Pada saat itu kondisi di spanyol masih kacau, dan menjadi peluang
yang baik bagi bangsa arab untuk menguasai atau menaklukan andalus atau
spanyol. Pada tahun 710M Witiza raja gotsia barat wafat dan singgasananya di
duduki secara paksa oleh panglimanya yang bernama Roderik. Maka anak Witiza
dendam terhadap roderik.
Islam datang ke tailand
dengan perantaraan pedagang yang berasal dari Arab dan India. Para pedagang
yang berasal dari Arab dan India disebut khek Islam (pedagang islam) oleh
penduduk setempat. Pada Para pedagang
tersebut meminta kepada raja siam untuk mendirikan masjid. Permohonan mereka
dikabulkan oleh raja maka didirikan masjid bangkok Noi (bangkok kecil ). Islam
disebarkan di Siam melalui hubungan dagang dan perkawinan.
Asep Ahmad Hidayat yang
dikutip oleh Jaih mubarok menjelaskan bahwa sebelum tahun 1801, wilayah Thailand merupakan wilayah Kesulatan
Patani Darussalam (Patani Raya) yang meliputi Patani (Thailand Selatan),
Trengganu, dan Kelantan(Malaysia). Pada tahun 1901 wilayah tersebut dikuasai
oleh kerajaan Thailand. Berdasarkan perjanjian 1902, wilayah kesultanan Patani
Darussalam dipecah menjadi dua yaitu :
Patani dimasukkan kedalam wilayah koloni Inggris.
B. Saran
Semoga kita bisa
mengambil hikmah dari sejarah islam ini, dan menjadikan motivasi kita untuk
terus belajar dan berkarya, mengikuti perkembangan peradaban islam yang lalu.
Daftar Pustaka
1. nakoesteen, Mehdi,1996. Kontribusi Islam atas Dunia Intelektual
Barat.Surabaya: Risalah Gusti.
2. supriyadi, Dedi,2008.Sejarah Petradaban Islam.Bandung: pustaka
Setia.
3. K.Hitti,Pilip,2008.History of the Arabs. Jakarta: Serambi Ilmu
Semesta.
4. Amin , Samsul Munir, 2009. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta :Amzah.
[1] Amin
, Samsul Munir, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta ,Amzah, 2009).hlm 20.
[3] K.
Hitti, Philip, Histiry of Arabic(Jakarta,Serambi ilmu semesta,2008)hlm.758
[4] Nakesten,
Mehdi, Konstribusi islam atas dunia intelektual barat(Surabaya,Risalah gusti,1996)hlm.271
[5]
Supriyadi, Dedi(Bandung,Pustaka Setia,2008)hlm.211-231
1 komentar:
The 15 Best Slots of All-Time | MapyRO
› Casino Games › 제주 출장안마 Casino Games The Best Slots 안동 출장샵 of 경기도 출장마사지 All-Time › Casino Games The Best Slots of All-Time. The 사천 출장샵 Most Played 제주도 출장샵 Slots. The Best Live Dealer Casino Games. The Best Roulette Wheel Games. The Best Poker Room
Posting Komentar